Translate

Senin, 30 Januari 2012

ATMOSFER SEBAGAI PERISAI BUMI


ATMOSFER SEBAGAI PERISAI BUMI

           Atmosfer merupakan salah satu sumber kehidupan kita. Diatmosferlah oksigen yang kita butuhkan tersedia.Selain itu, diatmosfer juga terjadi perubahan uap air menjadi air hujan.Bayangkanlah kalau proses terjadinya hujan tidak berlangsung, maka daratan dimana kita tinggal akan mengalami kekeringan. Selain proses-proses yang menguntungkan tersebut, diatmosfer juga terjadi konsentrasi berkumpulnya pencemaran gas-gas buangan dari kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik yang membuat kualitas udara menjadi rendah.                                                               
              Atmosfer dikatakan sebagai “Perisai Bumi” karena atmosfer tersebut merupakan pelindung kehidupan di bumi dari pancaran energi matahari yang sangat kuat pada siang hari dan mencegah hilangnya panas keruang angkasa pada malam hari. Jika tidak ada atmosfer maka tidak ada terjadi  kehidupan di Bumi.Secara fisis atmosfer merupakan pelindung panas yang sangat ajaib.Disatu sisi atmosfer dapat merambatkan panas matahari ke permukaan bumi,tapi di sisi lain atmosfer tidak menyerap panas tersebut.Pada dasarnya atmosfer merupakan bulatan gas yang menyelubungi bumi kita, atmosfer merupakan bagian tak terpisahkan dari bumi, serta mempunyai fungsi yang sangat besar dalam rangka menyediakan berbagai macam gas mulia.
              Atmosfer tersusun dari berbagai macam gas-gas yang keadaannya tetap maupun berubah-ubah diantaranya:
v  Zat nitrogen atau zat lemas…………………….. 78%
v  Zat pembakar atau oksigen……………………...21%
v  Zat argon………………………………………...0,9%
v  Zat asam arang…………………………………..0,03%
v  Neon……………………………………………..0,0015%
v  Helium…………………………………………...0,00015%
v  Krypton………………………………………….0,0001%
v  Zat air atau hidrogen……………………………..0,00005%
v  Xenon…………………………………………….0,000005%
              Ketebalan lapisan atmosfer sulit ditetapkan karena tidak jelasnya batas antara lapisan atmosfer dan luar angkasa(outer space), lapisan ini dapat berfungsi melindungi bumi dari hujan meteor. Namun, sebagian besar ahli sepakat bahwa ketebalan lapisan atmosfer adalah lebih dari 650 km. Atmosfer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Berbentuk gas yang terdiri dari bentuk tetap maupun tidak tetap
2.      Bersifat diaterm( dapat menghantarkan panas tanpa membuat dirinya menjadi panas)
3.      Mempunyai berat jenis rata-rata 0,9 N/m
4.      Didalam udara terdapat berbagai macam peristiwa cuaca seperti: evaporasi, condensation,angin,awan dan lain-lain.
              Atmosfer mempunyai beberapa sifat-sifat fisik yaitu:
Ø  Tidak berwarna,tidak berbau tetapi dapat dirasakan dalam bentuk angin.
Ø  Dinamis dan elastis sehingga dapat mengecil,mengembang,dan berpindah tempat
Ø  Transparan terhadap beberapa jenis radiasi
Ø  Mempunyai berat sehingga mempunyai tekanan

              Berdasarkan ketinggiannya dari permukaan bumi.Atmosfer memiliki 5 lapisan yaitu: 




  1. Lapisan Troposfer
      Lapisan Troposfer berada pada lapisan paling bawah yang merupakan tempat dimana manusia dan mahkluk hidup lainnya tinggal. Ketinggiannya antara 0-12 km, dilapisan inilah tempat terakumulasinya gas-gas oksigen,nitrogen,dan karbondioksida.Uap air dan karbondioksida yang banyak terdapat pada lapisan ini berfungsi menjaga keseimbangan panas dipermukaan bumi terutama panas yang ditimbulkan oleh radiasi sinar inframerah.Gejala-gejala cuaca seperti awan,hujan,dan sebagainya terjadi dilapisan ini.Antara  lapisan Troposfer dan lapisan diatasnya, yaitu Stratosfer terdapat lapisan peralihan yang disebut Tropopause.Ditempat inilah pesawat biasanya terbang.
  1. Lapisan Stratosfer
      Lapisan Stratosfer terletak pada ketinggian 18-80 km dari permukaan laut.Pada lapisan terdapat lapisan ozon yang merupakan lapisan pelindung bumi dari sinar ultraviolet matahari.Lapisan ini mempunyai dua lapisan tipis molekul-molekul gas yang tidak terdapat pada lapisan Troposfer.Lapisan bawah mengandung bahan sulfat tertentu yang berpengaruh terhadap terjadinya hujan. Semakin tinggi lapisan Stratosfer dari permukaan bumi,suhu udara akan naik.Lapisan terluar Stratosfer disebut Stratopause,yaitu lapisan yang membatasi Stratosfer dan Mesosfer.
  1. Lapisan Mesosfer
      Mesosfer merupakan lapisan pelindung bumi dari benda – benda kosmik seperti Meteor..Meteor yang jatuh kebumi akan terbakar dilapisan ini sehingga tidak sampai ke bumi.Dilapisan Mesosfer terdapat suatu lapisan ion atau udara bermuatan listrik yang disebut lapisan D.Lapisan D terbentuk karena sinar ultraviolet pada molekul-molekul udara bertemu dengan elektron bermuatan listrik negatif.Awan sinar malam yang berasal dari uap air atau debu meteorit muncul pada lapisan ini.
  1. Lapisan Termosfer
      Pada lapisan Termosfer ini terjadi ionisasi gas-gas oleh radiasi matahari, sehingga di lapisan ini di kenal juga dengan Ionosfer. Berkat adanya gas-gas yang mengalami ionisasi ini, sinyal-sinyal komunikasi dari permukaan bumi dapat dipantulkan ke bumi, sehingga aktifitas komunikasi dapat terjadi.Pada lapisan ini terdapat pula aurora ( sinar kutub) yang muncul dikala fajar atau petang.
5.   Lapisan Eksosfer
      Kandungan gas-gas utama pada lapisan ini adalah hidrogen dan kerapatannya semakin tipis sampai hampir habis diambang luar angkasa.Cahaya redup yaitu cahaya zodiakal dan gegenschein muncul pada lapisan Eksosfer yang sebenarnya merupakan pantulan sinar matahari oleh partikel debu meteorit yang banyak jumlahnya dan bergelantungan diangkasa. Satelit-satelit buatan biasanya berada dilapisan ini.

              Pengaruh suhu dan tekanan terhadap Atmosfer:
Sebenarnya suhu dan tekanan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan Atmosfer, semakin buruk suhu dan tekanan di bumi maka Atmosfer yang melindungi bumi akan semakin menipis. Apalagi pada masa sekarang ini sering terjadi ilegal loging dan pembakaran hutan yang menjadi penyebab utama meningkatnya suhu di bumi dan ini juga berpengaruh besar terhadap keseimbangan Atmosfer.
Mengetahui pentingnya Atmosfer bagi kehidupan kita di bumi,maka kita sebagai generasi yang sadar akan betapa pentingnya Atmosfer harus  selalu menjaga keseimbangan lingkungan, kiranya kita dapat mengantisipasi upaya pemanfaatan sumber-sumber alam dengan prinsip penyelamatan lingkungan hidup, supaya kehidupan di bumi  tetap bertahan.


Atmosfer tetap berada ditempatnya karena tarik bumi (grapitasi) yang sangat besar

Tidak ada komentar:

MAKALAH INTERNET

BAB I PENDAHULUAN   1.1       Larat Belakang Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahana...

COMMENT